Cara Ampuh Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai

Cara Ampuh Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai – Di era modern ini semuanya serba maju, termasuk perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Salah satu bukti nyata dari perkembangan teknologi ini adalah banyaknya pengguna smartphone dari berbagai kalangan.

Setiap orang tentu menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan seperti untuk berbisnis, chatting, blogging, main game, editing, nelpon dan sms, serta berbagai aktivitas lainnya.

Seiring penggunaan smartphone dengan berbagai multi fungsi tersebut, tentunya ada kalanya sobat akan merasa kesal akibat smartphone tersebut menjadi panas (overheat). Hal semacam ini sering sekali kita alami dan sangat menyebalkan saat melakukan aktvitas seperti main sosmed ataupun main game seperti mobile legends.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot Hingga 219%

Terjadinya overheat atau hp cepat panas bisa saja disebabkan oleh pemakaian aplikasi yang banyak dan berat sehingga akan menekan kerja prosesor untuk bekerja lebih berat lagi sehingga hp sobat cepat panas. Namun sobat tak perlu khawatir karena Admin akan kasih soslusi untuk mengatasi hp cepat panas serta boros baterai, silahkan simak tips berikut ini.

Cara mengatasi hp cepat panas dan boros baterai

cara mengatasi hp cepat panas

1. Hentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah menghentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena jika sobat membuka banyak aplikasi dan aplikasi tersebut masih berjalan maka saat sobat terus menggunakan hp tersebut, lama kelamaan hp yang sobat gunakan akan terasa panas. Hal ini disebabkan karena prosesor maupun RAM harus ekstra kerja keras menampung aplikasi tersebut sehingga hp akan cepat panas dan terasa lemot.

2. Gunakan baterai original

Biasanya baterai pada smartphone mempunyai batas penggunaan hingga beberapa tahun, nah jika sudah mecapai masa pensiun (sudah saatnya diganti)  maka sobat bisa merasakan beterai tersebut akan terganggu kinerjanya dan tidak akan bekerja secara maksimal, hal ini juga merupakan salah satu penyebab hp cepat panas. Untuk itu sobat bisa menggantinya dengan membeli baterai baru. Namun perlu sobat ingat, dalam mengganti baterai, belilah baterai yang original sesuai dengan merk hp sobat. Jika baterai hp sobat masih bagus maka sobat jangan menggantinya dengan baterai lain yang bukan baterai original dari hp tersebut.

3. Gunakan charger original

Jika sobat ingin mengisi baterai, gunakanlah charger original dari hp tersebut. Hindari menggunakan charger yang tidak jelas asal usulnya karena itu akan dapat membahayakan baterai hp sobat, hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab hp cepat panas. Untuk itu jika charger hp sobat hilang atau rusak, usahakan membeli charger baru yang original serta jangan sembarangan ngecas hp dengan charger teman yang berbeda hp.

4. Kurangi penggunaan multi tasking

Smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan spek yang tinggi sehingga akan mudah untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, tentu hal ini akan mempermudah sobat untuk melakukan berbagai macam aktivitas sekaligus. Namun ada dibalik penggunakan multi tasking tersebut, lama kelamaan hp sobat akan terasa panas terlebih lagi jika masih ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, akibatnya hp juga akan menjadi lemot. Jadi sebaiknya sobat kurangi multi tasking jika memang tidak diperlukan.

5. Batasi main game pada hp

Salah satu penyebab hp cepat panas adalah bermain game. Ya, bermain game merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan sampai-sampai kita bisa lupa waktu terutama bermain game moba, sehingga tak terasa hp akan cepat panas (overheat) serta akan mudah lemot. Jadi jika hp sudah mulai terasa panas silahkan sobat istirahatkan hp tersebut supaya dingin dan kondisinya tetap stabil.

6. Hapus file sampah atau cache

File sampah atau cache akan terus menumpuk seiring dengan penggunaan hp setiap harinya. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja prosesor dan RAM sehingga dapat menyebabkan hp cepat panas dan terasa lemot. Untuk itu sobat harus rutin untuk membersihkan file sampah dari smartphone sobat, misalnya 2 minggu sekali. Untuk membersihkan file sampah secara cepat sobat bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner.

Akhir kata

Demikianlah artikel tentang Cara Ampuh Mengatasi HP Cepat Panas Dan Boros Baterai, semoga dapat membantu sobat dalam mengatasi hp yang cepat panas. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.