Cara Menghapus File Secara Permanen Pada Komputer

Halo sob, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai cara menghapus file secara permanen pada komputer dengan sistem operasi windows.

Pada dasarnya menghapus file secara permanen juga perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan file atau dokumen yang benar-benar sudah tidak dipakai lagi supaya dapat meringankan kapasitas hdd pada komputer sobat.

Biasanya saat menghapus sebuah file atau dokumen, maka file tersebut tidak akan langsung lenyap begitu saja, melainkan akan tersimpan di bak sampah alias recycle bin.

Jadi walaupun file tersebut sudah sobat hapus, maka sobat bisa mengembalikannya seperti semula dengan membuka recycle bin dan klik kanan kemudian di restore.

Bagi sebagian pengguna tentu jarang mengetahui hal ini sehingga mereka beranggapan bahwa setelah klik kanan lalu delete maka file tersebut sudah terhapus dan hilang dari pc, namun pada kenyataannya tidak. Jika sobat terus menerus melakukan penghapusan file maka lama kelamaan hdd sobat bisa penuh dengan file sampah karena di alihkan ke recycle bin.

Baca juga: 11 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dan Awet

Untuk itu jika sobat punya file untuk dihapus dan file tersebut sudah tidak digunakan lagi, maka sebaiknya sobat menghapus file itu secara permanen supaya tidak mampir ke recycle bin. Berikut ini tutorial menghapus file secara permanen di pc/laptop.

Cara menghapus file secara permanen di komputer

1. Langkah pertama dengan mengeksekusi file yang akan dihapus secara langsung, silahkan buka dan pilih file yang akan sobat hapus (klik sekali saja) kemudian tekan kombinasi tombol SHIFT⇑ + delete pada keyboard.

Maka akan muncul kotak konfirmasi seperti gambar dibawah ini, sobat pilih oke maka file tersebut sudah terhapus secara permanen dan tidak akan masuk ke recycle bin.

Cara hapus file secara permanen

2. Cara kedua adalah dengan melakukan setting pada recycle bin. Silahkan sobat klik kanan pada recyle bin dan pilih properties.

Kemudian akan muncul kotak Recycle bin properties, sobat centang saja pada bagian Don’t move files to Recycle bin. Remove files immediately when deleted, centang juga pada bagian Display delete confirmation dialog guna menampilkan kotak konfirmasi saat melakukan penghapusan file serta jaga-jaga bila sobat tidak sengaja menghapus file.

Cara hapus file secara permanen

Terakhir klik Apply kemudian OK.

Demikianlah Cara menghapus file secara permanen pada komputer, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan referensi sobat. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, jangan lupa di share ya sob, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.