11 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Perawatan terhadap baterai laptop sangat penting, nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak dan tahan lama.

Baterai pada laptop merupakan komponen utama dan sangat penting karena itu adalah ciri khas dari laptop yang membedakannya dengan pc/komputer.

Tanpa baterai, menurut saya laptop tidaklah sempurna karena jika hanya dinyalakan dengan charger saja dan itu tidak ada bedanya dengan komputer. Dan satu lagi jika kita hanya mengandalkan listrik saja untuk menyalakan laptop (maksudnya tanpa baterai) maka saat mati lampu itu akan sangat berbahaya bagi laptop karena bisa saja konslet.

Pada penggunaannya bateri memiliki masa tenggang yang bervariasi, dan normalnya pemakain baterai pada laptop bisa bertahan sampai 3-4 tahun, dan itu sudah saya alami ketika baterai laptop saya sudah 3 tahunan belum mengalami masalah.

Tentu saja keawetan dan kesehatan pada baterai ditentukan oleh pengguna itu sendiri, bagamana cara pengguna merawat bateri laptop tersebut agar awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Terutama pada baterai tanam, karena pada laptop keluaran terbaru banyak menggunakan baterai non removable sebagai baterai utama, artinya sobat tidak bisa mencabut baterai tersebut. Untuk itu sangat penting bagi sobat untuk merawat baterai laptop non removable juga.

Jadi pas banget nih, artikel ini juga mengarah pada cara merawat baterai laptop yang non removable. Untuk pemakaian sehari-hari biasa baterai bertahan selama 3-4 jam, namun jika digunakan untuk kegiatan berat pada laptop maka akan bertahan 2-3 jam saja.

Nah ada kalanya baterai mengalami kerusakan, hal ini tentu menjadi sebuah masalah karena bisa saja baterai menjadi drop, cepat habis, tidak bisa di charge dan lain sebagainya. Penyebab semacam ini biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada bateri yang disebabkan oleh berbagai hal.

Namun sobat tidak usah khawatir karena disini kita akan membahas 11 cara merawa bateri laptop supaya tidak musah rusak. Oke langsung saja kita ke topik utama cekidot!!

merawat baterai laptop

Cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak

1. Hindari penggunaan laptop sambil di charger

Pada saat keasikan menggunakan laptop tentu salah satu kebiasaan kita adalah sering menggunakan laptop sambil di charger, padahal hal tersebut kurang bagus bagi kesehatan baterai laptop.

Perlu sobat ketahui bahwasanya baterai yang di charger secara terus menerus akan membuat kondisi baterai tidak akan stabil, akibatnya baterai akan melemah seiring penggunaan laptop yang dilakukan sambil di charge.

Jadi sebaiknya saat menggunakan laptop jangan sambil di charger, tunggulah baterai tersebut terisi penuh dulu, kemudian gunakan dan jika sudah menampilkan indikator baterai lemah, maka matikan dan charge kembali.

Namun ada kabar baik bagi sobat yang sering menggunakan laptop sambil di charger, yaitu pada laptop keluaran terbaru seperti asus sudah dilengkapi dengan fitur auto cut off. Jadi fitur tersebut memungkinkan daya dari charger laptop akan langsung diarahkan ke adaptor jika baterai laptop sudah penuh jadi hal ini akan menghindari baterai dari overcharger. Jadi hindarilah penggunaan sambil di charge untuk merawat baterai laptop agar awet.

2. Jangan charger terlalu berlebihan

Saat sobat melakukan charger dan indikator pada baterai laptop sobat sudah menunjukkan 100% maka sebaiknya sobat segera cabut charger nya untuk menghindari overcharger.

Karena overcharger pada baterai akan berdampak pada umur bateri sobat yang akan semakin pendek. Jadi sebaiknya sobat cabut saja chargenya sebelum indikator menunjukkan 100%, rekomendasi cabutlah pada saat mencapai 80-90% karena itu akan membantu mreawat baterai agar tetap awet.

3. Jangan biarkan indikator baterai 0%

Terlalu asyik memakai laptop kadang membuat kita terlena dan melupakan waktu, akibatnya kita kehabisan baterai pada laptop. Atau hal ini disengaja juga hingga baterai menunjukkan indikator 0% sehingga mengakibatkan laptop mati dengan sendirinya baru di charger.

Tentu saja hal ini kurang bagus untuk kesehatan baterai laptop karena dapat merusak komponen-komponen yang ada pada baterai, jadi sebaiknya jika sudah ada tanda seru atau peringatan bahwa baterai sobat akan habis, hentikan saja aktivitas pada laptop sobat kemudian matikan dan charger kembali sampai penuh untuk menghindari kerusakan pada baterai.

4. Atur cahaya pada laptop

Pada saat menggunakan laptop sebaiknya sobat atur pencahayaan yakni gelap atau terang. Nah jika sobat berada pada luar ruangan aturlah cahaya layar secukupnya jangan sampai penuh, dan jika sobat berada pada dalam ruangan kurangi pencahayaan pada layar.

Perlu diketahui bahwa semakin terang layar laptop sobat maka akan semakin menguras banyak baterai sehingga baterai akan cepat habis. Nah untuk menghemat pemakaian baterai salah satunya adalah mengatur cahaya laptop secukupnya saja dan juga supaya mata tidak cepat rusak.

5. Charger laptop dalam keadaan mati

Seperti yang sudah saya katakan pada poin pertama bahwa jangan sobat menggunakan laptop sambil di charger karena itu berbahaya bagi komponen baterai.

Untuk memperkuat umur baterai serta agar awet dan tahan lama, charger lah laptop dalam keadaan mati atau tidak menyala.

6. Charger 4 sampai 8 jam [untuk laptop baru]

Bagi sobat yang baru saja membeli laptop baru, sebaiknya sobat jangan dulu menggunakan laptop tersebut. Karena penting halnya bagi sobat untuk merawat baterai laptop baru tersebut supaya kedepannya tidak mengalami kerusakan.

Charger saja latop tersebut selama 4 hingga 8 jam karena laptop baru biasanya mempunyai daya baterai 0 sehingga perlu untuk di isi pertama kalinya.

7. Sambungkan charger ke stop kontak dulu

Pada saat akan melakukan charger pada laptop sebaiknya sobat memperhatikan hal ini yakni menyambungkan charger terlebih dahulu ke stop kontak baru ke laptop, jangan lakukan hal sebaliknya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari bateria laptop terkejut saat melakukan charge karena jika disambungkan ke laptop dulu baru ke stop kontak akan berbahaya bagi kesehatan bateri.

Coba kita liat pada saat disambungkan ke laptop dulu, maka pada saat kita mencolokkan charger ke stop konta maka akan terlihat kembang api yang keluar, itu menandakan laptop sobat terkejut dan bisa berbahaya. Sebaiknya sobat hindari saja colok laptop dulu baru stop kontak.

8. Kurangi pemakaian aplikasi yang tidak diperlukan

Saat menggunakan laptop sebaiknya sobat kurangi saja pemakaian aplikasi, wifi, dan lain sebagainya bila tidak diperlukan.

Hal ini bertujuan untuk menghemat baterai laptop sobat supaya tidak cepat habis dan bisa bertahan lama saat digunakan.

9. Lakukan kalibrasi secara berkala

Kalibarsi sangat penting untuk dilakukan secara berkala misalnya saja 2 bulan sekali, 3 bulan sekali. Kalibrasi pada baterai laptop dapat membantu sobat untuk mengembalikan kembali performa baterai sobat supaya kembali seperti performa awal.

10. Hindari pemakaian sampai overheat

Pemakaian laptop yang terlalu lama juga bisa menyebabkan laptop overheat atau menjadi panas, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada performa dan baterai laptop.

Jadi jika sobat menggunakan laptop dengan waktu yang lama, sebaiknya sobat juga menggunakan laptop fan atau kipas pendingin supaya tidak terjadi overheat dan baterai menjadi aman dan tahan lama.

11. Istirahatkan laptop

Dalam pemakian laptop tentu ada batasan-batasan atau kapasitasnya sendiri, nah jika sobat ingin supaya baterai tetap sehat dan awet, istirahatkanlah laptop sobat dari pemakaian yang terlalu lama, serta aturlah waktu-waktu istirahat laptop supaya teratur dan baterainya tetap sehat dan tidak cepat rusak.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot Hingga 219%

Nah, demikinalah 11 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Cepat Rusak, silahkan sobat coba tips diatas. Oke demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.