Cara Merawat Dan Membersihkan Layar Smartphone Agar Tetap Baru

Penggunaan pada smartphone setiap harinya terlebih di luar lingkungan atau outdoor bisa menyebabkan layar pada hp menjadi kotor, untuk itu sobat perlu merawat dan membersihkan layar smartphone tersebut supaya tetap kelihatan seperti baru dan cool.

Biasanya jika digunakan beberapa hari tanpa dibersihkan, maka kotoran dan debu bisa menempel pada layar smartphone, sehingga membuat smartphone menjadi kusam, berminyak, serta tampilannya menjadi tidak menarik.

Memberikan perawatan dan pembersihan pada layar smartphone itu sangat penting untuk dilakukan supaya smartphone sobat tetap bersih dari debu dan juga terhindar dari kerusakan hardware akibat kotoran dan debu.

Baca juga: 10 Cara mempercepat kinerja android yang lemot hingga 219%

Ada banyak sekali cara yang dapat sobat gunakan untuk merawat dan membersihkan layar smartphone, diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara merawat dan membersihkan layar smartphone

merawat dan membersihkan layar smartphone

1. Gunakan anti gores pada layar

Untuk merawat layar smartphone dari kerusakan maupun debu, maka sebaiknya sobat memakai anti gores atau pelindung layar hp. Untuk jenis anti gores sendiri saya sarankan untuk menggunakan anti gores kaca yang keras, supaya terlindungi serta misalnya jika suatu hari hp sobat jatuh layarnya tidak akan rusak atau pecah karena telah dilindungi oleh anti gores, selian itu juga pelindung layar ini dapat melindungi layar smartphone sobat dari goresan apapun.

2. Bersihkan dengan kain halus

Penggunaan smartphone sehari-hari tentu tak akan lepas dari aktivitas layar sentuh sehingga dapat meninggalkan bekas noda pada layar. Untuk itu sobat perlu membersihkan noda atau kotoran pada layar tersebut dengan menggunakan kain halus, seperti kain fiber yang cocok digunakan untuk membersihkan segala layar termasuk layar smartphone. Cara membersihkannya pun sangat mudah, sobat tinggal mengambil kain fiber lalu segera membersihkan pada bagian yang kotor atau terkena noda

3. Menggunakan screen cleaning kit

Screen cleaning kit merupakan sebuah alat yang dapat sobat gunakan untuk membersihkan layar smartphone yang kotor. Sobat bisa membeli pembersih layar ini di toko-toko komputer terdekat, dan isinya pun lengkap mulai dari air pembersih, kain fiber, serta kuas pembersih.

Cara membersihkan layar pun sangat mudah, sobat tinggal menyemprotkan air pembersih dari screen cleaning kit, lalu menggunakan bagian kering dari kain fiber untuk membersihkan dan mengeringakannya.

4. Jauhkan layar dari sinar matahari

Sinar matahari menggandung sinar ultraviolet yang dapat berbahaya bagi layar smartphone sehingga dapat merusakan komponen layar. Untuk itu, sebaiknya sobat menjauhkan layar dari sinar matahari yang terlalu berlebihan supaya layar tidak mudah rusak.

5. Jangan menekan layar terlalu keras

Biasanya saat sedang main game terutama game-game yang khidmat dan mengundang emosi seperti mobile legends, tanpa disadari kita sering menekan layar terlalu keras sehingga mudah menyebabkan layar smartphone menjadi rusak bahkan bisa tergores. Untuk itu saat melakukan akitivitas pada layar smartphone terutama saat main game, layarnya jangan ditekan terlalu keras, dibawa santai aja sob.

6. Jangan gunakan kuku untuk menekan layar

Jika sobat menggunakan kuku saat menekan layar akan dikhawatirkan layar smartphone akan rusak karena bisa menyebabkan goresan dan lain sebagainya, untuk itu usahakan supaya kuku sobat dipotong saja biar penggunaan pada layar sentuh smartphone jadi enak dan terawat.

7. Jauhkan dari medan magnet

Medan magnet dapat merusak layar smartphone sobat karena bisa mengganggu kesensitifan layar smartphone dan merusak komponen lainnya. Untuk itu sebaiknya sobat hindari saja menggunakan atau menaruh smartphone pada area medan magnet. Banyak sekali alat-alat yang mengandung medan magnet seperti televisi, nah sobat hindari saja menaruh smartphone disana.

Akhir kata

Demikianlah cara merawat dan membersihkan layar smartphone supaya tetap kelihatan seperti baru, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan sobat. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.