Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tahan Lama

Halo sobat pada kesempatan kali ini kita akan membahas menganai cara merawat laptop agar tidak lemot dan tahan lama serta awet.

Laptop kini menjadi sebuah kebutuhan bagi orang-orang untuk membantu melakukan berbagai aktivitas dengan mudah, cepat, dan efisien terutama untuk orang kantoran, pelajar, dan mahasiswa. Semuanya itu membutuhkan laptop.

Perlu diketahui, pada saat pemakaian laptop tentu ada batasan-batasan laptop yang dipakai tersebut. Batasan tersebut meliputi semakin tua laptop maka performanya semakin menurun, baterainya semakin menurun dan lain sebagainya. Namun kadang banyak kita temui sebelum laptop tersebut memasuki masa tenggang atau masa tua, laptop tersebut sudah K.O duluan, maksudnya performa dan bodinya sudah duluan menurun padahal umur laptop tersebut baru pakai.

Namun hal tersebut bisa kita atasi dengan merawat laptop yang kita punya sehingga laptop tersebut bisa awet dan tahan lama saat pemakaian.

Merawat laptop itu sangat penting untuk kita lakukan sob, dengan merawat laptop maka kita akan bisa melihat laptop tersebut berumur panjang dengan kondisi yang baik serta performa yang tidak akan menurun. Untuk itu KompiDroid akan membagikan cara merawat laptop tidak lemot dan tahan lama.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tahan Lama

Cara merawat laptop agar tidak lemot

1. Bersihkan debu secara rutin

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membersihkan debu secara rutin pada laptop. Karena debu merupakan salah satu penyebab hardware pada laptop bisa rusak karena ventilasi tertutup sehingga udara dari dalam tidak akan bisa keluar, sehingga hal tersebut akan membuat laptop menjadi cepat panas.

Jika laptop saat digunakan terasa panas, maka hal itulah yang akan membuat kinerja laptop menjadi menurun dan sobat akan menemukan laptop tersebut menjadi lemot. Untuk itulah sobat perlu membersihkan debu-debu yang ada pada laptop, baik pada keyboard, colokkan USB, serta bodi laptop lainnya. Untuk membersihkan laptop dari debu, sobat bisa menggunakan kuas laptop. Lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali supaya laptop tetap bersih.

2. Jauhkan makanan dan minuman dari laptop

Selanjutnya sobat usahakan untuk tidak makan dan minum di dekat laptop karena itu akan sangat berbahaya jika minuman tersebut tumpah ke laptop atau makanan ceceran makanan ringan sobat jatuh ke keyboard dan masuk kedalam. Hal itu bisa menyebabkan konsleting pada keyboard sehingga beberapa tombol keyboard bisa saja tidak berfungsi. Hal ini akan mempercepat kerusakan pada laptop. Jadi sebaiknya saat ngemil hindari di dekat laptop supaya aman.

3. Gunakan coolingpad pada laptop

Saat menggunakan laptop sebaiknya sobat gunakan juga coolingpad supaya laptop tidak panas dan suhunya stabil sehingga performa laptop sobat tidak akan menurun. Terlebih lagi saat sobat menggunakan laptop tersebut untuk bermain game, sangat direkomendasikan sekali untuk menggunakan pendingin laptop atau coolingpad.

4. Bersihkan layar secara rutin

Teradang layar laptop bisa saja kotor entah karena jari tangan yang memegang, maupun oleh debu sehingga membuat laptop sobat kelihatan kurang menarik dan dapat menganggu aktivitas sobat.

Untuk itu sobat perlu membersihkan layar laptop tersebut secara rutin supaya layar laptop sobat tetap mengkilat dan bersih sehingga sobat bisa dengan nyaman menggunakan laptop untuk bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya. Sobat bisa membersihkan layar laptop dengan alat pembersih laptop khusus ataupun menggunakan kain bersih.

5. Gunakan tas laptop saat dibawa keluar

Sangat disarankan bagi sobat untuk menggunakan tas laptop saat membawa laptop keluar rumah. Dengan menggunakan tas laptop maka dapat menghindari benturan, terkena air, serta gesekan pada laptop. Sehingga komponen-komponen yang ada pada laptop dapat terlindungi karena tas laptop memang sudah di desain sedemikian rupa untuk melindungi laptop saat dibawa keluar.

6. Memperhatikan kesehatan baterai

Selanjutnya untuk menjaga performa laptop supaya tidak lemot dan tetap awet adalah dengan memperhatikan kondisi dan kesehatan baterai. Baterai yang dirawat dengan baik akan dapat bertahan lama sehingga pemakaian laptop dengan baterai akan membuat sobat merasa nyaman karena dapat memakai laptop dengan waktu yang lama karena baterai juga tahan lama.

silahkan baca: 11 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dan Awet

7. Uninstall program yang tidak terpakai

Agar kondisi dan performa laptop tetap terjaga, maka sobat bisa uninstall atau menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi. Dengan menghapus semua aplikasi yang tidak digunakan lagi maka akan dapat meringankan kapasitas hdd maupun kinerja RAM laptop sobat sehingga laptop tidak akan terasa lemot dan bahkan performa laptop bisa meningkat.

8. Batasi pemakaian laptop

Pemakaian laptop yang terlalu lama dapat menyebabkan laptop overheat atau kepanasan sehingga komponen laptop rentan mengalami kerusakan. Untuk itu bagi sobat yang sukan berlebihan memakai laptop usahakan untuk membatasinya dan memberikan waktu istirahat buat laptop sekitar 30 menitan supaya kondisi laptop segar kembali, selain itu sobat juga butuh istirahat lho,,, 😀

Akhir kata

Demikianlah artikel mengenai Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot Dan Tahan Lama, semoga tips ini dapat membantu sobat merawat laptop sehingga laptop sobat tidak mudah cepat rusak dan berumur panjang. Oke Sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.