Pengertian Uppercase, Lowercase, Dan Propercase

Pengertian uppercase, lowercase, dan propercase ?

Mungkin kata-kata atau istilah diatas seringkali sobat dengar saat menulis sebuah dokument di microsoft word ataupun microsoft excel dan lain sebagainya. Untuk itu sobat perlu mengetahui pengertian uppercase, lowercase, dan propercase.

Uppercase, lowercase, dan propercase sangat berguna sekali untuk mengatur tulisan atau setiap karakter tulisan. Biasanya juga pilihan seperti ini muncul pada beberapa situs pendaftaran akun yang mengharuskan password menggunakan uppercase dan lowercase. Misalnya saja heading yang saya gunakan pada blog ini adalah semula menggunakan uppercase mulai dari h1 sampai h6, kemudian saya ubah menjadi propercase semuanya. Supaya tidak penasaran lagi dan untuk lebih memahaminya berikut penjelasan dan pengertian uppercase, lowercase, dan propercase.

Pengertian uppercase, lowercase, dan propercase ?

uppercase lowercase propercase

Uppercase merupakan huruf besar, jadi semua karakter yang disetting uppercase akan menggunakan huruf kapital semua. Contohnya: “KOMPIDROID”, sobat bisa liat keseluruhannya adalah huruf kapital.

Lowercase merupakan huruf kecil, jadi tulisan-tulisan yang menggunakan format lowercase semuanya menggunakan huruf kecil. Contohnya: “kompidroid”. Jadi tidak ada huruf besar di dalamnya, semuanya harus menggunakan huruf kecil.

Propercase merupakan campuran antara uppercase dan lowercase namun huruf besar hanya ada di awal kata atau kalimat. Jadi saat menulis kalimat huruf pertamanya adalah huruf kapital atau huruf besar dan seterusnya adalah huruf kecil. Contohnya adalah “Kompidroid”.

Bagaimana sob, udah paham kan ?

Itulah pengertian dari uppercase, lowercase, dan propercase. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat dalam mengenal istilah-istilah dalam sebuah penulisan. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.