HP Kamu Lemot? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

By | 24 Juni 2019
Android lemot

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Hmmm….. masalah ini yang paling sering saya lihat di android teman teman saya. Saran saya sebaiknya kalian untuk tidak menginstall aplikasi yang tidak terlalu penting. Karena kalau kalian kebanyakan menginstall aplikasi tanpa melihat spesifikasi android kalian, kalian akan mengalami lemot, force close, error, crash pada android kalian. Nah, jadi jika ingin menginstall aplikasi yang banyak pastikan android kalian kuat ya.

2. Aplikasi berjalan di Background Menumpuk

Ya ! memang Smartphone sudah memiliki kemampuan multitasking yaitu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Tapi kalian harus ingat, bahwa aplikasi yang sudah kita buka sebelumnya belum di tutup secara sempurna lalu kita berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Hal ini yang menyebabkan RAM habis terkonsumsi dan menjadi penyebab smartphone Android lemot, atau lag gan.

Cara mengatasinya dengan menghentikan aplikasi yang masih aktif di latar belakang atau background Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings – Applications. Atau menutupnya dengan menekan Recent App.

3. Terlalu Banyak Menggunakan Antivirus

Menggunakan antivirus sih boleh gan, tapi hal yang perlu kalian ingat bahwa antivirus itu cukup satu saja, dan bang admin seringkali melihat pengguna android kayak orang tua bang admin sendiri antivirusnya lebih dari satu dan yang namanya aplikasi antivirus itu aplikasi yang berjalan otomatis dan juga berjalan di latarbelakang atau background. Bang admin mau jujur nih, kalau bang admin gak pernah pasang anti virus di android bang admin.

Solusinya adalah, dengan memilih satu saja antivirus yang kalian percaya memiliki performa terbaik dan lakukan update secara berkala agar perlindungan maksimal.

4. File Cache Menumpuk

File cache atau bisa dibilang file temporer yang digunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi tersebut bekerja. File cache bisa disebut juga seperti rekaman jejak seorang pengguna dalam menggunakan sebuah program. File ini menyimpan data seperti aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk melakukan backup otomatis. File cache yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja smartphone Android kita, jika semakin menumpuk pasti akan menjadi penyebab smartphone Android lemot, lag, lambat, atau slowly.

Cara mengatasinya, kalian install aplikasi pembersih seperti clean master tapi kalau menurut bang admin lebih baik kalian hapus secara manual, dengan cara pergi ke Settings/pengaturan – Storage/penyimpanan – klik Cached data nanti akan ada pop up kalian pilih ok atau yes.

5. Penuhnya Memori Internal Di Android

Proses sistem smartphone membutuhkan ruang gerak untuk beroperasi dengan lancar, jika memori internal smartphone penuh akan membuat smartphone android lemot. Memori internal penuh juga disebabkan oleh menumpuknya cache smartphone adalah memori internal jadi penuh. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kita juga akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga menjadi penyebab smartphone Android lemot.

Cara mengatasi masalah diatas adalah dengan menjaga agar memori internal smartphone tidak cepat penuh, hapus aplikasi yang tidak terpakai di smartphone. dan pindahkan file media seperti foto, video, dan musik ke memori eksternal atau memory card atau kartu sd.

Mungkin sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat untuk kalian semua.